Tuesday, December 3, 2019

Budidaya

Cara Pemberian Pakan Lele Agar Cepat Besar

Memelihara ikan lele yang cepat besar tentunya merupakan impian para peternak lele. Karena semakin cepat ikan lele besar, maka makin cepat juga untuk di panen. Dan tentunya perputaran uang menjadi lebih cepat.

Pakan lele agar cepat besar

Sebenarnya ada beberapa cara agar ikan lele cepat besar, namun disini kami hanya akan membahas salah satu cara. Yaitu dengan menerapkan cara pemberian pakan lele agar cepat besar.

Memberi makan ikan lele tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah waktu pemberian pakan dan juga jenis pakan lele agar cepat panen.

Mari kita bahas tips lengkapnya dibawah ini, pahami dengan baik ya. Agar ikan lele yang kamu budidayakan bisa cepat mencapai ukuran panen.


Waktu Pemberian Pakan Ikan Lele


Sebaiknya atur jadwal pemberian pakan ikan lele secara teratur. Berikan pakan ikan lele 3x dalam sehari, yaitu tiap pagi, siang dan malam.

Dengan rincian waktunya adalah mulai pukul 8 atau 9 pagi. Lalu siang hari pada jam 1 atau 2 siang, dan malam hari ketika jam 8 malam.

Perlu diperhatikan juga agar jangan terlalu pagi memberi makan ikan lele. Karena biasanya ikan lele belum merasa lapar. Nanti justru pakan tidak di makan dan menumpuk menjadi racun di kolam.


Jenis Pakan Lele Agar Cepat Besar


Untuk budidaya lele, pakan terbaik tentu saja tetaplah pelet. Namun perlu diperhatikan juga tips pemberian pelet untuk ikan lele.

Beberapa diantaranya adalah sesuaikan ukuran pelet dengan ukuran ikan lele. Dalam artian jika ikan lele masih kecil, berikan pelet ukuran kecil. Pun demikian jika ikan lele sudah besar maka ukuran pelet juga ditingkatkan.

Selain itu ada baiknya basahi dahulu pelet sebelum diberikan untuk pakan lele. Karena sifat pelet yang mengembang saat basah dikhawatirkan lele langsung makan banyak pelet kemudian mengembamg di dalam perutnya.

Jika pelet sudah dibasahi dulu kemungkinan lele tidak akan makan secara berlebihan. Tips sederhana namun efektif untuk pemberian pakan lele.

Kemudian ada baiknya berikan tambahan prebiotik, saat ini sudah banyak beragam merk prebiotik untuk lele di pasaran. Prebiotik ini penting sebagai racikan pakan lele agar cepat besar.

Jadi demikianlah beberapa tips memberi pakan lele agar cepat besar dan bisa segera di panen. Semoga bermanfaat dan membantu kamu para peternak ikan lele agar bisa cepat panen ikan lele.

1 comment: