Sunday, May 19, 2019

Budidaya

Cara Budidaya Lele di Kolam Terpal untuk Pemula

Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal - Siapa yang tidak tahu ikan lele. Ikan yang terkenal menjijikan ini rupanya sangat di minati dari berbagai macam kalangan. Mulai dari kaum elite, hingga kaum menegah ke bawah.

Lalu sebenarnya bagaimana cara membudidayakan ikan lele ? mengingat sulit ditemukannya ikan jenis ini jika permintaan di pasar meningkat.

Panduan cara ternak lele kolam terpal bagi pemula
image : instagram.com/pengusahaterpal

Sebagai penikmat pun hanya bisa menunggu. Tidak mau menunggu bukan ? berikut kami beri sedikit ulasan mengenai cara budidaya lele yang benar.

Ternyata  mencari lahan beternak lele tidaklah sulit. Cukup sediakan kolam terpal atau kolam semen setinggi 1 meter untuk tempat hidup lele saja kita sudah bisa memelharanya.

Jika merasa dengan kolam semen terasa mahal, gunakanlah kolam terpal. Kolam terpal kini sangat di senangi para peternak pemula. Berikut  cara membuat kolam terpal.

Siapkan terpal dan lahan kosong untuk menempatkan kolam terpal. Boleh di depan rumah atau di belakang rumah. Berikut ini kami bahas juga rincian biaya ternak lele kolam terpal.

Sediakan kayu bekas lalu bentuk kayu menyerupai kotak dengan panjang 2 m , lebar 1m dan tinggi 3 meter. Untuk ukuran kami bebaskan anda berkarya.

Jika sudah di buat kerangkan kotaknya, letakkan terpal yang sudah kita siapkan.

Rincian harga kayu dan terpal :

  • Kayu = Rp. 200.000,00
  • Terpal = Rp. 100.000,00
  • Modal awal = Rp. 300.000,00


Untuk bibit lele dan pakan , kami punya harga dan ukuran yang pas untuk pengusaha lele pemula :

  • 1500 bibit lelel X Rp. 400,00 / ekor = Rp. 600.000,00 
  • Pakan baby lele 2 kg  x Rp. 50.000,00 / kg = Rp. 200.000,00


Modal awal  ternak lele di kolam terpal = Rp. 800.000,00

Dengan estimasi modal awal Rp. 800.000,00 ,  jika jumlah lele 1500 bibit punya berat 35 kg dengan penjualan 1 kg 35 ribu sudah berbumbu, jika habis dalam 1 hari maka omset bersih bisa mencapai Rp. 4.250.000,00 per hari.  Lumayan bukan ?

Keuntungan ternak lele di kolam terpal :

  • Tidak butuh lahan besar 
  • Biaya modal kecil 
  • Mudah untuk membersihkan kolam 
  • Fleksibel di pindahkan di mana pun tempatnya
  • Saat memanen pun lebih praktis


Bagaimana ? tertarik ingin membudidayakan lele bukan ? jika iya silahkan di terapkan cara mudah untuk budidaya ikan lele ini.

Apalagi ternak lele juga menguntungkan karena bisa cepat panen. Selengkapnya kamu bisa cek di artikel cara budidaya lele cepat panen.

Semoga bermanfaat. Silahkan share jika artikel ini berguna untuk orang banyak, terutama mereka yang ingin belajar  cara ternak lele yang benar.

No comments:

Post a Comment